Windows 11 Rilis, Begini Cara Upgrade Windows 11

Windows 11 Rilis, Begini Cara Upgrade Windows 11

Beberapa hari yang lalu, Microsoft mengumumkan rilisnya Windows 11. Ini adalah upgrade generasi terbaru dari Windows 10. Tentunya sistem operasi terbaru dari Microsoft ini memiliki lebih banyak kelebihan dan update sistem daripada generasi sebelumnya. Dan kabar menggembirakannya adalah pengguna Windows bisa mengunduh Windows 11 secara gratis melalui laman resmi Microsoft. Buat anda pengguna Windows 10, segera upgrade ke sistem operasi terbaru. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk upgrade Windows 11.

Fitur Terbaru Windows 11

Melansir dari KompasTekno.com, Windows 11 akan memiliki beberapa fitur terbaru. Adapun fitur baru tersebut di antaranya adalah sebagai berikut

  1. Menu Start di Tengah

Berbeda daripada generasi sebelumnya yang memiliki menu start di bagian kiri, kini Windows 11 menempatkan menu Start di bagian tengah. Alhasil, bagian kiri dekstop akan tampak bersih.

  1. Support aplikasi Android

Buat anda yang ingin mengunduh aplikasi Android di PC, kini bisa diinstal di Windows 11. Jadi, anda tidak perlu lagi menggunakan virtual emulator atau dual boot. Ini adalah hal yang paling banyak ditunggu-tunggu pengguna Windows.

  1. Suara baru

Agar pengguna Windows tidak bosan, Windows 11 menghadirkan suara baru ke dalam sistemnya.

  1. GamePass dan Auto-HDR

Fitur ini akan sangat memuaskan para gamer PC. Berkat GamePass, pengguna dapat berlangganan game favorit yang dapat diunduh di aplikasi Xbox di Windows 11.

  1. Snap Group Layout dan Fitur Multi-tasking

Fitur lain dari Windows 11 yang juga ditunggu-tunggu ini akan memberikan kenyamanan lebih untuk setiap aktivitas multi-tasking anda.

Syarat Upgrade ke Windows 11

Meskipun sudah ada perilisan Windows 11, tidak semua PC bisa melakukan update. PC yang anda gunakan mesti memenuhi syarat tertentu agar bisa upgrade sistem operasi ke versi terbaru. Jika anda mau update dari Windows 10 ke Windows 11, maka PC anda harus memiliki spesifikasi:

  1. CPU Intel 8th Gen Coffee Lake/ Zen 2 dan versi yang lebih baru
  2. Support TPM 2.0 (Trusted Platform Module)
  3. Kapasitas RAM 4GB dan ROM 64GB

Cara Unduh Windows 11 Secara Gratis

Jika anda merasa PC yang dimiliki memiliki spesifikasi yang dibutuhkan untuk upgrade Windows 11, maka download Windows 11. Windows 11 bisa diunduh secara gratis melalui laman resminya. Dan berikut ini cara download Windows 11 secara gratis.

  1. Buka Settings

Langkah pertama yang perlu anda ambil untuk memeriksa apakah PC dapat melakukan upgrade ke Windows 11 adalah buka menu “Settings” terlebih dahulu.

  1. Pilih Pembaruan Windows/Update Windows

Setelah anda masuk ke Settings, selanjutnya adalah pilih “Pembaruan Windows/Update Windows”.

  1. Klik Periksa Pembaruan

Setelah memilih Update Windows, klik “Periksa Pembaruan” untuk memastikan bahwa PC anda dapat melakukan pembaruan atau tidak. Jika ternyata ada opsi “Pembaruan Fitur ke Windows 11”, maka anda bisa upgrade sistem.

  1. Unduh Windows 11

Ketika muncul opsi ketersediaan Windows 11, maka unduhlah Windows 11. Pilih “Download/Unduh dan Install” dari menu yang ada. Tunggulah proses pengunduhan hingga selesai dan proses instalasi Windows 11 berhasil.

Nah, demikian itulah cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan upgrade Windows 11. Sistem operasi terbaru ini memiliki fitur-fitur yang lebih baik dan berguna untuk para pengguna dibandingkan generasi sebelumnya. Tampilan UI versi terbaru ini pun lebih memukau. Coba cek PC anda sekarang juga apakah mendapatkan opsi upgrade atau tidak.

admin