Resep Membuat Bubur Tim Sayur yang Lezat untuk Balita

Resep Membuat Bubur Tim Sayur yang Lezat untuk Balitaa

Saat balita menginjak usia 6 bulan, sudah mulai harus dikenalkan dengan makanan pendamping ASI. Kamu bisa memulai membuat bubur tim sayur sebagai makanan bayi. Agar si kecil menyukai rasa makanan barunya, Kamu perlu memberikan bumbu yang cukup agar makanan tidak hambar.

Saat menyiapkan bubur tim sayur, Kamu harus memperhatikan kandungan nutrisinya. Karena yang harus Kamu perhatikan saat membuat makanan bayi ini adalah tidak menambahkan bahan tambahan makanan pada seperti perasa atau sejenisnya.

Resep Bahan yang harus di Persiapakan sebelum Membuat Bubur Tim Sayur

Membuat makanan bayi tidak boleh banyak, cukup resep makanan bayi untuk 1 atau 2 kali makan. Jika bayi ingin makan, Kamu perlu melakukannya lagi dengan resep bubur tim lain. Karena jika langsung membuat banyak akan sering memanaskan bubur tim sayur sehingga kandungan nutrisinya berkurang. Berikut beberapa resep bahan bubur tim sayur yang harus dipersiapkan sebelum membuatnya:

  • 50 gr beras
  • air secukupnya
  • hati ayam asli
  • Jagung manis segar, iris tipis atau blender
  • segenggam bayam, iris lembut
  • keju parut tidak perlu menggunakan garam

Proses dalam Pembuatan Bubur Tim Sayur

Nasi, hati ayam dan jagung direbus dalam air. Kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tidak gosong.Setelah menjadi bubur yang halus, tambahkan bayam dan masak kembali sampai semuanya matang dan halus beberapa menit.

Setelah cukup kental, matikan api lalu tambahkan keju parut dan aduk hingga tercampur rata.Saring sampai Kamu mendapatkan bubur tim yang halus. Jika masih ada ampas yang tersisa, Kamu bisa memblendernya dan menyaringnya kembali dan sajikan bubur tim sayur hangat kepada balita secara perlahan.

Manfaat Bubur Tim Sayur bagi Balita

Berikut ini merupakan beberapa manfaat bubur tim sayur yang dapat dirasakan oleh balita Kamu.

  • Mampu menguatkan hati

Manfaat pertama yang bisa didapatkan saat bayi mengonsumsi bubur tim sayur adalah  jantung akan lebih kuat. Hal ini bisa terjadi karena nasi memiliki kapasitas antioksidan yang tinggi sehingga bubur tim sayur mampu menekan kadar kolesterol dalam tubuh bayi.

  • Menjadi sumber energi

Bayi yang memasuki usia 1 tahun atau lebih cenderung masih bergerak cepat dan ingin mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya. Untuk melakukan ini, tentu saja, mereka membutuhkan banyak energi dan bubur tim dapat digunakan sebagai salah satu makanan penghasil energi. Memang, bubur tim memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang sangat tinggi.

Dengan memberikan bubur sayur pada balita secara rutin akan memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh sikecil untuk perkembangan kedepan. Demikianlah ulasan yang dapat Kami bahas tentang resep membuat bubur tim sayur yang lezat untuk balita, semoga bisa menambah wawasan baru dan informasi berguna.

admin