Coba 5 Trik Menjalani Diet Gula Ini di Rumah

Coba 5 Trik Menjalani Diet Gula Ini di Rumah

Penyakit diabetes berbahaya dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasinya yaitu dengan menjalani diet gula. Berbeda dengan jenis diet yang lain, diet yang satu ini lebih menekankan pengurangan konsumsi gula ke dalam tubuh. Kini, menjalani program diet ini sangatlah mudah karena bisa dilakukan di rumah. Lalu apa saja triknya?

1. Konsumsi Sayuran Hijau Pengganti Makanan Mengandung Gula

Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa makanan dengan kandungan gula tidak hanya makanan manis seperti kue, permen, dan lain-lain. Namun jenis makanan dengan kandungan tepung juga memiliki kandungan gula tinggi.

Oleh karena itu saat menjalani hari-hari pertama diet, segera hindari aneka jenis makanan atau sayur dengan kandungan tepung seperti mie, ubi, jagung, dan lain-lain. Sebagai gantinya, konsumsi jenis makanan yang memiliki banyak kandungan serat seperti sayuran hijau.

2. Tambahkan Menu Berbahan Susu

Setelah Anda terbiasa mengonsumsi makanan rendah gula di hari-hari pertama, maka lidah mungkin sudah tidak kaget jika mengonsumsi makanan tanpa kandungan gula atau pemanis. Lanjut setelah itu, Anda sudah bisa menambah asupan nutrisi dengan menu berbahan susu seperti susu atau yoghurt.

Pilihlah susu atau yoghurt yang low fat atau rendah lemak serta tidak mengandung pemanis. Pada 3 hari kedua ini, Anda juga bisa mulai mengonsumsi sayuran dengan kandungan gula serta camilan berserat seperti biskuit gandum.

3. Konsumsi Salad Buah Segar

Salad buah segar tanpa pemanis atau tambahan susu dan mayonaise juga bisa dikonsumsi saat menjalani diet ini. Buah-buahan sendiri telah memiliki pemanis alami sehingga Anda tidak perlu menambahkan dressing lagi.

Selain dapat membuat perut lebih kenyang, buah-buahan juga memiliki banyak sekali kandungan serat yang dapat melancarkan pencernaan dan menurunkan berat badan. Campurkan jenis buah-buahan sesuai selera seperti potongan mangga, melon, jeruk, atau jenis buah-buahan lain yang bisa ditemukan di sekitar Anda.

4. Tambahkan Makanan Biji-Bijian

Ketika program diet sudah berjalan selama 2 minggu, maka memasuki minggu selanjutnya, Anda bisa mengonsumsi makanan biji-bijian atau kacang-kacangan seperti bubur gandum atau oatmeal. Namun konsumsi makanan dengan porsi kecil terlebih dahulu. Setelahnya, Anda bisa mengonsumsi  buah-buahan kembali untuk mendapatkan asupan serat.

5. Selingi Makanan Karbohidrat dengan Makanan Berserat

Ketika menjalani program diet ini, Anda memang harus menghindari makanan tinggi karbohidrat yang mengandung gula tinggi. Namun jika program diet telah memasuki minggu terakhir, boleh-boleh saja untuk mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Namun setelah itu, Anda harus menyelinginya kembali dengan makanan yang kaya serat.

Itulah tadi beberapa tips menjalani diet gula yang bisa diterapkan di rumah. Agar program diet berjalan sukses, Anda tentu tidak harus melakukannya secara bertahap sehingga tubuh dapat terbiasa dan memberikan respon baik.

admin