6 Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah, Mudah dan Simpel

6 Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah, Mudah dan Simpel
6 Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah, Mudah dan Simpel

Banyaknya polusi udara, air, dan tanah yang terjadi sekarang ini tentu tidak terlepas dari berbagai aktivitas manusia yang tinggal didalamnya. Walaupun dampak pencemaran tidak langsung terasa, efek berbahaya tentu terus mengintai di masa depan. Cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah tentu bisa menjadi langkah kecil untuk menghindari itu semua.

Tidak perlu langsung melakukan perubahan besar, beragam perubahan dan kebiasaan kecil tentu dapat memberikan dampak nyata terhadap lingkungan. Anda hanya perlu melakukannya dengan konsisten. Bila perlu, ajak orang-orang sekitar Anda untuk ikut andil dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Cara Mudah Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup yang telah memberikan banyak sekali sumber daya bagi manusia tentu harus dirawat dan dijaga demi keberlangsungan kehidupan didalamnya. Tidak perlu menunggu langkah besar, Anda sendiri kini bisa memulainya mulai dari langkah sederhana di rumah. Apa saja itu? Ini dia ulasannya

1.     Mulai Rajin Menanam Pohon

Jika Anda tinggal di daerah pedesaan dengan lahan yang masih luas, mulailah untuk rajin mengisi pekarangan rumah dengan bibit pohon baru. Selain mampu menambah suplai oksigen, menanam pohon juga dapat memperbanyak ketersediaan air tanah. Ada banyak pohon yang bisa ditanam di pekarangan rumah mulai dari tanaman buah, sayur, hingga hias.

2.     Menanam Bunga di Pot

Berbeda halnya dengan masyarakat desa yang masih memiliki lahan luas, masyarakat kota umumnya memiliki lahan terbatas sehingga sulit untuk menanam pohon. Namun jangan khawatir, sebagai solusinya Anda bisa mulai menanam bunga di pot. Sama halnya dengan tanaman lain, bunga dapat memberikan asupan oksigen di pagi hari saat berfotosintesis.

3.     Mematikan Lampu Saat Tidak Digunakan

Terlihat sepele namun sering diabaikan. Listrik merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Namun sumber energi listrik sendiri masih menggunakan bahan alam yang terbatas. Oleh karena itu, untuk tetap menjaga ketersediaan, mulailah untuk menghemat listrik dengan mematikannya saat tidak digunakan.

4.     Gunakan Tas Kantong Kain Saat Berbelanja

Kantong kresek atau plastik merupakan benda umum yang sering digunakan oleh penjual untuk membungkus barang dagangannya. Sayangnya, plastik sendiri merupakan salah satu bahan yang sangat sulit terurai. Oleh karena itu, sebagai pembeli yang mulai sadar akan lingkungan, mulailah untuk menggunakan tas kantong kain yang ramah lingkungan saat berbelanja.

5.     Olah Sampah Organik Sebagai Kompos

Sampah organik seperti bekas sayuran, buah, dan lain-lain biasanya langsung dibuang begitu saja. Jika tidak ditimbun, sampah ini tentu menimbulkan bau tidak sedap yang mencemari udara. Agar lebih menguntungkan, mengapa tidak mengubahnya menjadi kompos saja? Selain dapat digunakan untuk pupuk, kompos juga bisa dijual dan menghasilkan keuntungan.

6.     Hemat Menggunakan Air

Air merupakan sumber kehidupan. Walaupun saat ini air masih melimpah, namun faktanya ketersediaan sumber air murni semakin berkurang dari tahun ke tahun. Untuk mencegah kelangkaan air terjadi, maka mulailah untuk menghemat penggunaan air. Matikan air kran langsung jika tidak digunakan.

Cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah ternyata bisa dimulai dari hal-hal kecil. Selain peran Anda, Nestle  juga turut andil menjaga keseimbangan lingkungan hidup. Untuk menjaga ketersediaan sumber daya alam, Nestle telah menggunakan generator berenergi gas emisi alam yang lebih ramah lingkungan sehingga penggunaan sumber daya alam terbatas menjadi lebih hemat.

admin