5 SUMBER PINJAMAN PRIBADI NONBANK

5 SUMBER PINJAMAN PRIBADI NONBANK

Kamu sedang membutuhkan dana tambahan untuk modal usaha yang sedang dirintis? Kamu sudah mencoba mengajukan pinjaman bank, tetapi pihak bank menolak pengajuanmu? Kamu bisa pertimbangkan lima sumber pinjamam pribadi nonbank ini untuk mengatasi permasalahanmu.

Gadai

Salah satu sumber pinjaman pribadi nonbank yang cukup umum adalah dengan cara gadai. Mengutip dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, gadai adalah “suatu hak yang diperoleh atas suatu benda bergerak, yang digunakan sebagai jaminan atas pinjaman yang diberikan oleh penerima gadai”. Nominal pinjaman bervariasi, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga lebih dari lima ratus juta rupiah.

Dalam pergadaian, calon nasabah dapat meminjam sejumlah dana dengan menjaminkan aset bergerak tanpa harus membuka rekening terlebih dahulu. Jika nasabah melunasi pinjaman, perusahaan gadai berhak melelang barang jaminan gadai. Jika hasil lelang melebihi nilai pinjaman nasabah, maka perusahaan gadai diwajibkan membayarkan kelebihan lelang itu kepada nasabah.

Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam adalah suatu bentuk koperasi yang menerima simpanan dana dari anggota yang bisa dipinjamkan kepada anggota lainnya. Sesuai namanya, sumber pendanaan utamanya berasal dari simpanan anggota, baik berupa simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela, maupun hibah.

Untuk mandapatkan pinjaman pribadi secara cepat dari koperasi simpan pinjam, kamu harus menjadi anggota terlebih dahulu. Ini karena berdasarkan UU No. 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian, koperasi hanya boleh menyediakan kredit bagi anggotanya saja, tidak untuk masyarakat umum. Artinya, nantinya kamu akan dibebankan kewajiban seperti membayar simpanan pokok, simpanan wajib, dan lain-lain.

Pinjaman E-commerce

Saat ini, beberapa platform e-commerce sudah mulai menyediakan layanan pinjaman pribadi dengan nominal bervariasi. Nilai bunga dan tenor yang ditawarkan cukup kecil. Persyaratannya pun cukup mudah dan rata-rata tidak memerlukan jaminan. Rata-rata, paket pinjaman yang ditawarkan adalah modal awal untuk memulai usaha toko daring.

Namun, biasanya pihak e-commerce hanya bertindak sebagai penyalur dana pinjaman saja. Produk pinjaman tetap berasal dari bank atau fintech yang bekerja sama dengan pihak e-commerce.

P2P Lending

Peer-to-peer lending atau pinjaman P2P adalah contoh penyedia layanan pinjaman pribadi berbasis teknologi. Ada tiga pihak yang berperan dalam skema ini: lender/kreditur (pemilik dana), borrower/debitur (peminjam dana), dan pihak fintech. Pihak fintech hanya bertindak selayaknya broker yang mempertemukan pihak debitur dengan pihak kreditur dan memeriksa kelayakan pengguna platform, baik kreditur maupun debitur. Melalui skema ini, pengguna debitur meminjam uang langsung dari pengguna kreditur dengan fintech sebagai perantara.

Ketika pinjaman diajukan, pihak fintech akan menganalisis kelayakan debitur berdasarkan data diri yang disediakan oleh debitur. Daftar debitur yang dianggap layak akan ditempatkan di marketplace platform. Kreditur yang tertarik dapat melakukan pendanaan langsung ke debitur. Debitur mengembalikan pinjaman dalam jangka waktu yang ditentukan kepada pihak fintech, yang akan mengembalikan dana ke kreditur setelah pelunasan dana pinjaman beserta bunganya dilunasi oleh debitur.

Pinjaman Fintech

Meskipun mengacu kepada penyedia jasa keuangan yang berbasis teknologi, istilah fintech di masyarakat identik dengan perusahaan yang menyediakan produk kredit tanpa agunan (KTA) secara cepat. Nominal pinjaman pribadi yang bisa diajukan oleh debitur juga biasanya tidak besar. Selain pinjaman, urun dana (crowdfunding), P2P lending, dan microfinancing adalah contoh fintech yang cukup umum ditemukan.

Skema pinjaman online pribadi yang umum ditawarkan oleh fintech adalah KTA. Namun, berbeda dengan P2P lending, debitur mengajukan pinjaman langsung ke perusahaan fintech, bukan ke sesama pengguna. Skema ini pada dasarnya sama dengan penyedia pinjaman konvensional, hanya saja dalam praktiknya menggunakan teknologi berupa situs web atau aplikasi.

admin