5 Macam Olahraga Saat Pandemi yang Menarik untuk Anak-anak

5 Macam Olahraga Saat Pandemi yang Menarik untuk Anak-anak

Pandemi Covid-19 yang tengah terjadi saat ini “memaksa” semua orang untuk tetap di rumah saja dan selalu menjaga kesehatan. Hal tersebut berlaku untuk siapa saja, dari orang dewasa hingga anak-anak. Adapun salah satu upaya dalam menjaga kesehatan yakni dengan melakukan olahraga saat pandemi.

Anak-anak cenderung lebih suka bermain di luar rumah dan beramai-ramai bersama teman-temannya karena bosan jika harus terus merasa sepi di dalam rumah. Maka dari itu, agar anak tidak bosan, Anda bisa mengajaknya bermain sambil berolahraga agar tetap menjaga kesehatannya.

Olahraga Menarik untuk Anak Dimasa Pandemi

Anak-anak, terutama yang masih usia di bawah 10 tahun masih sangat suka bergerak dalam artian aktif bermain. Oleh karena itu, agar anak mau berolahraga, buatlah kegiatan olahraga tersebut menyenangkan dan lakukan sambil bermain. Berikut beberapa rekomendasi olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah bersama anak saat pandemi:

  1. Senam Sederhana

Bagi orang tua yang anaknya sudah bersekolah, mungkin si kecil sudah pernah diajari senam. Jadi Anda sebagai orang tua bisa mengajak anak untuk melakukan senam itu kembali atau senam bersama dengan menunjuk anak sebagai instruktur senam.

Tapi jika si kecil tidak menyukai senam tersebut, Anda bisa memilihkan senam lain sesuai keinginan si kecil. Pilihkan senam-senam ringan yang berdurasi pendek.

  1. Lompat Tali atau skipping.

Selanjutnya olahraga saat pandemi yang bisa dilakukan di rumah atau halaman rumah adalah lompat tali. Untuk media olahraganya bisa menggunakan tali skipping ataupun karet gelang yang disusun menjadi tali. Temani anak bermain atau bisa mengajaknya olahraga bersama anggota keluarga lainnya.

  1. Menari dengan Musik Favorite Si Kecil

Sebenarnya olahraga yang satu ini serupa dengan olahraga senam. Bedanya yaitu menari tidak ada aturan atau gerakkan khusus yang harus diikuti si kecil. Ajak saja anak-anak menari dengan musik yang mereka sukai. Menari bersama anak merupakan olahraga sekaligus permainan yang seru bagi si kecil.

  1. Bermain Sepak Bola atau Basket

Meskipun olahraga yang diinginkan anak adalah sepak bola dan bola basket, Anda tidak harus menyediakan lapangan kok. Jika Anda memiliki ruang khusus bermain di rumah yang cukup luas Anda bisa bermain sepak bola atau basket dengan ring basket atau gawang mini.

Anda juga bisa memanfaatkan halaman rumah agar anak lebih ceria bermain di luar. Ikut sertakan juga seluruh anggota keluarga agar olahraga tersebut semakin seru.

  1. Olahraga Sambil Bermain Engklek atau Sundah Mandah

Salah satu permainan tradisional ini ternyata sangat bagus lho untuk olahraga bersama anak-anak. Media yang dibutuhkan juga tidak banyak, yaitu kapur untuk menggambar pola engklek dan potongan batu, genting ataupun media lain untuk dilemparkan.

Mau melakukan olahraga saat pandemi lainnya yang lebih mudah? Ajak saja anak  membersihkan rumah sembari menari atau lakukan olahraga apa saja yang anak-anak sukai asal tetap mengutamakan keselamatan dan kesehatan. Jadi, Anda pilih olahraga man?

admin