5 Jenis Sayuran yang Bisa Menjadi Menu MPASI Bayi

5 Jenis Sayuran yang Bisa Menjadi Menu MPASI Bayi

Bayi yang mulai berusia enam bulan akan menunjukkan ketertarikan pada makanan sehingga Anda bisa mulai mengenalkan makanan padat. Meskipun demikian, Anda harus memastikan tekstur MPASI untuk bayi usia enam bulan lebih lembek dan lunak dikonsumsi si kecil. Bubur sayur cocok menjadi menu MPASI yang sehat sebab bisa mendukung sistem pencernaan bayi Anda.

Sayuran Sehat untuk Bayi

Supaya Anda bisa memberikan manfaat menu makanan yang sehat untuk si kecil, sebaiknya pertimbangkan jenis sayuran sehat yang bisa dikonsumsi bayi usia enam bulan ke atas yaitu :

1. Bayam

Menu sayuran sehat yang mengandung vitamin B, vitamin C, asam folat, dan kaya mineral lain ini, wajib Anda masukkan dalam bubur nasi. Tinggal campurkan beras merah dengan bayam untuk memberikan khasiat bagi kesehatan si kecil. Bubur sayur bayam mengandung serat tinggi sehingga mendukung anak lebih lancar BAB.

2. Brokoli

Selain bayam, jenis sayuran hijau yang harus Anda masukkan dalam menu bubur sehat adalah brokoli. Anda hanya perlu merebus brokoli dan melunakkannya, kemudian masukkan ke dalam bubur nasi untuk anak. Brokoli mengandung antioksidan tinggi yang bisa membantu pertumbuhan saraf dan mendukung tingkat kecerdasan bayi.

3. Wortel

Demi mendukung kesehatan mata bayi, sebaiknya Anda pilih sayur wortel yang mengandung beta karoten tinggi. Sebaiknya Anda memarut wortel atau memblender menjadi lebih lunak, lalu dimasak dengan nasi lunak menjadi bubur tim yang sehat. Mengenalkan tekstur rasa berbagai macam sayuran pada si kecil tentu bisa mencegah anak menjadi pemilih makanan saat lebih besar kelak.

4. Labu kuning

Anda juga bisa membuat bubur kental dari labu kuning yang memiliki serat, vitamin dan mineral yang cukup tinggi. Kandungan potasium pada labu kuning bisa membuat si kecil lebih kenyang dan memiliki energi yang lebih prima. Anak bisa tumbuh dan berkembang lebih maksimal, apalagi kebutuhan energi yang mendukung motorik si kecil lebih baik. Selain labu kuning, jenis sayuran labu siam juga boleh dikonsumsi anak dalam bentuk bubur.

5. Tomat

Tomat aman diberikan pada bayi usia 6-12 bulan untuk mendukung pertumbuhan si kecil yang lebih baik. Pasalnya, tomat mengandung vitamin C yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh lebih baik, mencegah terkena masalah mulut dan lain-lain. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi akan membuat anak memiliki kesehatan kulit yang bagus, bebas masalah kulit kering dan kusam.

Beberapa jenis sayuran di atas bisa menjadi menu MPASI yang menyehatkan bagi perkembangan buah hati tercinta. Pastikan Anda membuat bubur sayur dalam satu porsi yang langsung habis atau bisa menyimpan ke dalam kulkas untuk satu kali makan selanjutnya. Yuk, berikan manfaat sayuran yang mendukung sistem pencernaan buah hati tercinta bebas sembelit!

admin