suarabanten.com - Portal Berita Merakyat|Wednesday, June 28, 2017
Suara Banten Home » Nasional » YMIC Perhatikan Kesehatan Perempuan Lewat Seminar BPJS

YMIC Perhatikan Kesehatan Perempuan Lewat Seminar BPJS 

BPJS

BPJS

JAKARTA, suarabanten.COM- Menyongsong pelaksanaan Jaminan Kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia dalam bentuk implementasi UU No. 24/2011 tentang BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Perlunya upaya mensosialisasikan program BPJS yang bekerja sama dengan lembaga kesehatan dan yayasan untuk turut mensukseskan implementasi hal tersebut yang akan di mulai tanggal 1 Januari 2014.

Seminar nasional BPJS kali ini diadakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, di Gedung Patrajasa Jakarta, Rabu (4/12).

Acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Mahkota Insan Cita (YMIC) yang bekerja sama dengan lembaga kesehatan pemerintah bertema “Perspektif Kepedulian terhadap Jaminan Sosial dan Kesehatan Pekerja Perempuan” dan acara tersebut mampu menarik sejumlah peserta Aktivis Perempuan, Mahasiswi dan Profesional yang turut aktif dalam seminar nasional tersebut.

Anita Aryani Ketua pelaksana, mengatakan minimnya sosialisasi BPJS dan edukasi perlindungan tenaga kerja perempuan tentu sangat perlu adanya upaya perlindungan kesehatan bagi pekerja perempuan di Indonesia. “Ya, program BPJS sangat membantu kesejahteraan dan kesehatan pekerja perempuan”. Ujarnya saat di wawancarai di gedung Patra Jasa Jakarta.

Sementara salah satu pemateri seminar Irgan Chaerul Machfiz Wakil ketua Komisi IX DPR RI, menegaskan kerangka dan arah kebijakan UU No. 24/2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ” Arah kebijakan pemerintah sudah cukup jelas terhadap Aturan UU No. 24/2011 dan UU No. 40/ 2011 bahwasanya kesehatan adalah hak dasar setiap individu dan juga merupakan bagian dari hak setiap warga negara juga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan termasuk bagi masyarakat yang miskin. Hal itu telah diamanatkan oleh UUD 1945 pasal 28H” ujar Irgan

Sama halnya yang dikatakan Dedeh Yuliah Ketua Yayasan Mahkota Insan Cita(YMIC) mengenai hak jaminan dan orientasi yayasan dalam andil bersosialisasi “BPJS mencakup seluruh rakyat yang akan dicapai secara bertahap agar hak setiap orang atas jaminan sosial sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi dapat terwujud dan Insya Allah, kita akan turut serta membantu sosialisasikan terkait program BPJS untuk pekerja perempuan di seluruh daerah”. ungkap Dedeh

Lagi menurut Anita, Program BPJS yang akan dicanangkan mulai 1 Januari 2014 sangat membantu terutama jaminan pemeliharaan kesehatan bahkan untuk ketenagakerjaan. Dan yang paling penting ialah BPJS sebagai penerima bantuan pendampingan kelompok miskin atau tidak mampu.

“Yang jelas BPJS ini sangat membantu untuk semua dan paling penting bisa membantu orang miskin atau  orang yang tidak mampu”. Tutup Anita kepada wartawan. (evi)

Add a Comment