suarabanten.com - Portal Berita Merakyat|Friday, August 18, 2017
Suara Banten Home » Nasional » Purnomo: Penyadapan Disebabkan Satelit Sewaan

Purnomo: Penyadapan Disebabkan Satelit Sewaan 

JAKARTA, suarabanten.COM- Purnomo Yusgiantoro Menteri Pertahanan RI mengungkapkan bahwa Indonesia telah kecolongan disadap oleh negara tetangga Australia, menurutnya kelalaian kita disebabkan karena belum adanya satelit sendiri, selama ini Indonesia hanya menyewa satelit.

Gambar-Satelit

Gambar-Satelit

” Selama ini kita kebobolan karena satelit kita sewaan”. kata purnomo seusai rapat kerja tertutup dengan komisi pertahanan DPR RI, Kamis (28/11).

menurutnya, kepemilikan satelit adalah sebagai bank Data yang merupakan bagian dari pertahanan bangsa. sedangkan kewenangan pembelian satelit ada di Kementrian Komunikasi dan informasi.

lagi menurut Purnomo, Indonesia membutuhkan strategi dan regulasi baru dalam pengamanan telekomunikasi karena berlaku sistem hukum dunia maya yaitu informasi dan komunikasi. rapat gabungan yang dihadiri oleh menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, kepala Lembaga sandi negara Djoko Setyadi, kepala Badan Intelejen Negara Marciano Norman, Kepala kepolisian Jendral Sutarman.

Perdana menteri Australia Tony Abbot mengirim surat balasan kepada SBY yang mempertanyakan alasan penyadapan. tetapi isu surat tersebut tak diungkap ke DPR.

Ketua Komisi pertahanan DPR Mahfudz Siddiq mengatakan komisinya sepakat soal pembelian satelit. Komisi pertahanan mendesak pemerintah mempercepat penggunaan sistem persandian untuk seluruh lembaga Negara dan perwakilan kantor di Luar Negeri. Tapi Lembaga sandi belum sanggup memenuhi permintaan itu.

Sementara, pengamat pertahanan dari Universitas Pertahanan, Yono Reksoprojo, menyatakan pembelian satelit bisa efektif, tetapi juga beresiko jika telah dipasang alat sadap pada satelitnya. sehingga menurutnya akan lebih baik jika Indonesia membuat sendiri dengan para tenaga Ahli Sendiri menggandeng pihak swasta. (Ari)

Add a Comment