suarabanten.com - Portal Berita Merakyat|Sunday, October 22, 2017
Suara Banten Home » Nasional » Pukul Kentong, KPK Gelar Pekan Anti Korupsi 2013

Pukul Kentong, KPK Gelar Pekan Anti Korupsi 2013 

Peringatan Hari Anti Korupsi

Peringatan Hari Anti Korupsi

JAKARTA, suarabanten.COM- Hari ini, Senin 9 Desember adalah hari Anti Korupsi Dunia. Untuk memeriahkannya, Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) mengadakan pagelaran acara Pekan Anti Korupsi 2013. Pekan Anti Korupsi 2013 ini diselenggarakan di Istora Senayan selama tiga hari, mulai dari Senin (9/11) sampai Rabu (11/12).
Ada banyak kegiatan dalam acara ini, diantaranya Pameran anti-korupsi yang diikuti 70 peserta mulai dari kementerian, Kepolisian, LSM, lembaga donor hingga institusi pendidikan. Pertunjukan dari para seniman yang mendukung anti-korupsi, dan pemutaran film film  anti korupsi.
Dani Rustandi Koordinator panitia Pekan Anti Korupsi 2013 mengatakan, bahwa Tujuan Pekan Anti-Korupsi ini adalah menyampaikan kepada masyarakat secara kolektif kalau bangsa ini mempunyai upaya untuk memberantasan korupsi.
“Secara kolektif KPK ingin mengajak masyarakat untuk ikut memberantas korupsi lewat acara Pekan Anti Korupsi ini”, ujar Dani.
Acara ini diresmikan oleh Ketua KPK Abraham Samad pada pukul 14.00WIB, dengan memukul kentongan yang dipukul secara beramai ramai. Pemukulan kentongan ini mempunyai filosofi bahwa kentongan ini adalah simbol kematian bagi para maling di kampung kampung yang ketahuan mencuri.
“Dulu kalau kentongan dipukul malam hari berarti ada maling, dan kalau sudah kentongan ini diketok ketok berarti habis riwayat si maling itu tidak bisa mencuri lagi”, ujar pemandu acara sambil menyiapkan kentongan yang akan dipukul beramai ramai itu bersama Abraham Samad.
Abraham mengatakan akan terus membangun kesadaran masyarakat untuk berprilaku melawan budaya korup.
“Inti dari peringatan hari antikorupsi ini adalah upaya untuk terus membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat untuk berperilaku antikorupsi serta mendorong masyarakat untuk terus melawan praktik korupsi,” ujar Abraham.
Tak kalah seru setelah acara pembukaan usai, tarian khas dari Kalimantan mewarnai keramaian yang menambah seru acara ini. Sebuah tarian dari Kalimantan yang mempunyai makna pengusiran hama di sawah.
”Tarian ini memunyai arti pengusiran hama di sawah, semoga para hama koruptor mati dan tidak kembali setelah di usir”, tambah pemandu acara. (Ari)

Add a Comment