suarabanten.com - Portal Berita Merakyat|Sunday, October 22, 2017
Suara Banten Home » Nasional » Pajabat Publik Sesalkan Aksi Suap Ketua Mahkamah Konstitusi

Pajabat Publik Sesalkan Aksi Suap Ketua Mahkamah Konstitusi 

Jimly Assidiege

Jimly Assidiege

JAKARTA, suarabanten.COM- Tertangkapanya Akil Mochtar Ketua MK menuai “cemoohan” dari berbagai pejabat pemerintah. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad menyetujui atas desakan sejumlah pihak untuk mentuntut mati Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar jika terbukti menerima suap. Sementara itu Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD marah atas tertangkapnya Akil Mochtar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia menginginkan Mahkamah Konstitusi dibubarkan.

Sebelumnya, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengaku kecewa terhadap Akil yang ditangkap terkait sengketa pilkada Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah. Jilmly berpendapat, Akil selaku pimpinan tertinggi hukum harus dituntut maksimal yakni hukum mati. Menurutnya, lembaga hukum negara yang dipandang masyarakat bersih dan memiliki wibawa kini tercoreng.

Diketahui,Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar ditangkap KPK bersama dengan anggota Komisi II dari Fraksi Golkar, Chairunisa dan seorang berinisial CN di kediamannya Jalan Widya Chandra III No 7, Jakarta Selatan, Rabu (2/10) sekitar pukul 22.00.

Selain itu, KPK juga menangkap HB dan DH di salah satu hotel di Jakarta Pusat. Penangkapan ini diduga terkait suap dalam sengketa pilkada Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Dari rumah Akil, KPK menyita uang dalam bentuk dolar Singapura. Jika ditotal jumlah uang tersebut sekitar Rp 3 miliar. (syarif)

Add a Comment