suarabanten.com - Portal Berita Merakyat|Thursday, June 29, 2017
Suara Banten Home » Nasional » Obama Lapor SBY Batal Hadiri KKT APEC

Obama Lapor SBY Batal Hadiri KKT APEC 

Obama
Obama

Obama

Suarabanten.COM- Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama ternyata batal ke Nusa Dua, Bali, untuk menghadiri KTT APEC 2013. Obama langsung menelepon Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada Jumat (4/10), pukul 8.15 WIB, untuk mengabarkan hal itu, sekaligus menyatakan penyesalannnya karena batal menghadiri KTT APEC tersebut.

Kepada SBY, sebagaimana disiarkan Kementrian Luar Negeri RI, dalam keterangan pers, Obama beralasan, kondisi dalam negeri di AS lah menjadi penyebab pembatalan tersebut. Saat ini, pemerintahan Obama dalam kondisi shut down, karena masalah anggaran yang dibekukan, sehingga tidak memungkinkannya untuk melakukan perjalanan ke luar negeri.

“Alasan inilah yang disampaikan Presiden Obama kepada Presiden Yudhoyono,”kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, kepada pers di Nusa Dua, Bali.

Marty menyatakan, Presiden SBY bisa mengerti dan memahami ketidakhadiran Presiden Obama tersebut. “Tentunya hal ini tidak akan mempengaruhi jalannya KTT APEC 2013 di Bali,” katanya.

Obama akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri AS, John Kerry dalam pertemuan puncak KTT APEC 2013 nanti. Kerry sendiri sudah lebih dahulu tiba di Bali untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri (APEC Ministerial Meeting) pada 4-5 Oktober ini di Nusa Dua.(abid)

Add a Comment