suarabanten.com - Portal Berita Merakyat|Sunday, October 22, 2017
Suara Banten Home » Nasional » Nelson Mandela Satukan 100 Pemimpin Dunia

Nelson Mandela Satukan 100 Pemimpin Dunia 

Nelson mandela

Nelson mandela

Suarabanten.COM- Hujan yang mengguyur stadion sepakbola di Johannesburg, Afrika Selatan, sepanjang Selasa (10/12) waktu setempat, mewarnai duka cita hampir 100 pemimpin dunia dan puluhan ribu orang saat mengenang Nelson Mandela.

Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama menggunakan panggung perkabungan ini dan mengenang Mandela sebagai “raksasa sejarah yang menggerakkan bangsa ke arah keadilan”.

Bahkan saat Mandela telah pergi pun, ia mampu mempersatukan para pemimpin dunia tersebut, yang tidak selalu sejalan satu sama lain.

Presiden Obama menggambarkannya sebagai, “Ada yang di antara kita yang mendukung gagasan Mandela, tapi berlaku sebaliknya kepada rakyatnya sendiri”.

Wakil Presiden Afsel Cyril Ramaphosa, yang bertindak memandu upacara, meminta orang-orang untuk mengenang kehidupan Mandela yang mewakili penderitaan jutaan rakyat.

Cucu-cucu Mandela turut menyampaikan ode perkabungan mengenang kakek yang mereka banggakan. Sekjen PBB Ban Ki-moon menyebut, “Afsel kehilangan seorang pahlawan. Dunia kehilangan seorang ayah, seorang teman, dan seorang guru”.

Presiden Obama dan rombongan terlambat tiba di stadion karena iring-iringannya tertunda, dipanggil oleh pemandu upacara sebagai “putra tanah Afrika”.

Ia menyebut Mandela sebagai¬† “Tokoh besar pembebasan abad 20″. “Ia memotivasi saya menjadi orang lebih baik,” kata Obama.

“Banyak pemimpin yang menyatakan solidaritas bagi perjuangan Madiba, namun tidak menolerir pendapat berbeda dari rakyatnya sendiri,” kata Presiden Obama.

Saat berjalan ke panggung, Obama sempat berjabat tangan dengan Pemimpin Kuba Raul Castro.

Inilah Jadwal Pekan Berkabung Mengenang Nelson Mandela

Minggu, 8 Desember

Dukacita resmi. Rakyat Afsel merayakan kehidupan Mandela di tempat-tempat ibadah di rumah dan di komunitas.

Senin, 9 Desember

Kedua kamar parlemen Afsel mengadakan sesi khusus penghormatan bagi Mandela.

Selasa, 10 Desember

Upacara mengenang Mandela di Stadion FNB, Johannesburg.

Rabu – Jumat, 11-13 Desember

Jasad almarhum Mandela disemayamkan di Union Buildings di Pretoria.

Sabtu, 14 Desember

Jasad almarhum dipindahkan ke Eastern Cape

Minggu, 15 Desember

Pemakaman resmi jenazah almarhum di kampungnya di Qunu.

(Ari)

Add a Comment