suarabanten.com - Portal Berita Merakyat|Tuesday, September 26, 2017
Suara Banten Home » Nasional » Munas Golkar di Ancol Kukuhkan Agung Laksono Menjadi Ketum

Munas Golkar di Ancol Kukuhkan Agung Laksono Menjadi Ketum 

Munas ancol

Munas ancol

Suarabanten.COM, Jakarta- Ketua Umum Ormas Kosgoro Agung Laksono terpilih menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar 2014-2019, setelah unggul telak atas Agus Gumiwang Kartasasmita dan Priyo Budi Santoso, dalam perhitungan suara (voting) pada Munas IX Partai Golkar di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, yang berlangsung hingga Senin (8/12) dini hari.

Penghitungan suara yang dilakukan secara tertutup itu dimulai sekitar pukul 00.20 WIB, setelah sebelumnya ketiga calon ketum diberi kesempatan menyampaikan visi misi di hadapan peserta Munas.

Para Pemegang hak suara dari ormas, DPDI, dan DPD II, secara bergiliran dipanggil ke depan secara berkelompok menurut daerahnya dan menuliskan pilihannya di kertas suara untuk kemudian dimasukkan ke kotak suara yang sudah disediakan panitia. Agus memperoleh nomor 1, Priyo nomor 2, dan Agung nomor 3.

Dari 296 perwakilan DPD I, DPD II, dan ormas Golkar yang memberikan hak suaranya, Agung meraih 147 suara. Disusul oleh Priyo Budi Santoso 77 suara, dan Agus Gumiwang Kartasasmita 71 suara. Satu suara dinyatakan abstain.

Sebelum pemilihan, pimpinan sidang Ibnu Munzier mengumumkan bahwa pemegang hak suara yang hadir berdasarkan verifikasi panitia adalah 294. Ternyata setelah dilakukan pemungutan suara ada 296, atau selisih 2 suara. Pimpinan sidang mengakui ada selisih 2 suara itu, namun karena jumlahnya tidak signifikan hasilnya tetap dinyatakan sah.

Ibnu juga menjelaskan ketentuan dalam ART Partai Golkar yang menyatakan bakal calon yang mendapat 30 persen suara dapat berlanjut ke putaran berikutnya. Apabila mendapat dukungan 50 persen plus satu, maka yang bersangkutan dinyatakan sebagai ketua umum terpilih secara aklamasi.

“Untuk 30 persen berarti 97 orang. Karena dua calon tak memenuhi, hanya calon nomor tiga yang dapat, dengan demikian Agung Laksono ditetapkan sebagai ketua umum terpilih,” kata Ibnu Munzier.

Usai pimpinan sidang menetapkan Agung Laksono sebagai ketua umum Partai Golkar 2014-2019, kemudian terdengar lagu We Are The Champions, dan para peserta Munas pun ikut bernyanyi bersama. Agung lalu berpelukan dengan Agus Gumiwang dan Priyo, dan selanjutnya mendapat ucapan selamat dari peserta Munas.

Add a Comment