suarabanten.com - Portal Berita Merakyat|Thursday, October 19, 2017
Suara Banten Home » Nasional » Margarito: Prabowo- Jokowi harus Siapkan Pidato Menang dan Kalah

Margarito: Prabowo- Jokowi harus Siapkan Pidato Menang dan Kalah 

Prabowo-jokowi

Prabowo-jokowi

JAKARTA, suarabanten.com- Kesuksesan dan kedamaian pelaksanaan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2014 sangat ditentukan oleh sikap Prabowo Subianto dan Joko Widodo.

Jika kedua  tokoh itu siap menerima kemenangan dan kekalahan, maka pelaksanaan Pilpres 2014 akan menjadi sangat indah dan menyenangkan.

Situasi akan menjadi lebih elok lagi kalau Prabowo Subianto dan Joko Widodo menyiapkan pidato dalam dua versi yakni versi menang dan versi kalah.

“Kalau itu yang dilakukan, maka pilpres kali ini akan sangat indah dan menyenangkan, seindah bulan Ramadan,” kata pakar hukum tata negara, Margarito Kamis dalam diskusi di Jakarta, (21/7).

Margarito mengatakan, akan sangat hebat dan luar biasa jika besok begitu KPU menetapkan rekapitulasi suara, dan mengumumkan pemenang pilpres, pihak yang kalah maju ke podium, mengambil mikrofon, dan berpidato mengakui kekalahan dan siap mendukung pemenang.

“Saya mengharapkan yang kalah mengakui keunggulan lawannya dan menegaskan tidak akan melakukan proses hukum lebih lanjut. Jika itu yang terjadi, demokrasi kita akan sangat indah, seindah bulan Ramadan,” katanya.

Sejarahwan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Asvi Warman Adam mengatakan, pihaknya juga berharap kedua capres menyiapkan pidato perdamaian, yang isinya saling mengakui kemenangan dan kekalahan.

“Karena masyarakat Indonesia  sangat memperhatikan hal-hal simbolik. Apalagi kalau kedua capres sempat cipika cipiki atau saling merangkul, maka hal itu akan membuat masyarakat semakin tentram,” katanya.(SP/ari)

Add a Comment