suarabanten.com - Portal Berita Merakyat|Tuesday, November 21, 2017
Suara Banten Home » Nasional » Kontroversi Pemeriksaan Boediono, Ini Pembelaan KPK

Kontroversi Pemeriksaan Boediono, Ini Pembelaan KPK 

boediono

boediono

JAKARTA, suarbanten.COM- Terkait  penyidikan Wakil Presiden (Wapres) Boediono dalam perkara kasus korupsi bailout Bank Century yang tidak dilakukan di Gedung KPK, menuai banyak kontroversi. Sampai pada pemboikotan konferensi pers oleh para wartawan di depan Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin,(25/11/ 13).

Bambang Widjoyanto dalam website resmi KPK menjelaskan bahwa ada beberapa alasan mengapa Boediono tidak diperiksa di KPK.

Pertama adalah sesuai dengan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) pasal 113 bagian yang ketiga. Disebutkan jika seorang tersangka atau saksi yang dipanggil memberi alasan yang patut dan wajar bahwa ia tidak dapat datang kepada penyidik yang melakukan pemeriksaan, penyidik itu datang ke tempat kediamannya.

“Hal ini sejalan dengan keterangan yang diberikan oleh saksi dalam konpersnya. Pemeriksaan memang dilakukan di kantor Wakil Presiden RI di Jl Medan Merdeka Utara no 15 Jakarta Pusat, pemeriksaan tidak dilakukan di kantor KPK. Pemeriksaan yang demikian sesuai hukum acara dapat  dibenarkan”. Kata Bambang.

Kedua kata Bambang, kalau pemeriksaan itu dilakukan di kantor KPK sebagaimana dikemukakan oleh Dr. Boediono maka Dr. Boediono dalam kapasitas sebagai Wakil Presiden RI melekat hak-hak protokoler.

“Dan kalau hak-hak protokoler itu digunakan maka kemudian dapat menyebabkan proses pemeriksaan yang lainnya yang dilakukan di KPK justru dapat terhambat. Itu sebabnya KPK menyetujui bahwa proses pemeriksaan itu dilakukan di kantor Wakil Presiden”. Tegas Bambang.(Ari)

Add a Comment