suarabanten.com - Portal Berita Merakyat|Tuesday, November 21, 2017
Suara Banten Home » Nasional » KMP atau KIH Tak Ada Batasan

KMP atau KIH Tak Ada Batasan 

wakil presiden RI

wakil presiden RI

JAKARTA, Suarabanten.com – Di awal Pilkada, istilah Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP) merebak sebagai koalisi pendukung Jokowi-JK dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Kini 2 kubu koalisi ini disebut Wakil Presiden Jusuf Kalla seakan sudah tak ada batasnya lagi.

“Sekarang masih ada KIH atau KMP nggak? Praktis tidak ada lagi batasnya,” kata JK di kantor Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakpus, Rabu (6/5/2015).

Saat masa pilkada, KIH (Nasdem, PDIP, PKB, PKPI, Hanura) adalah koalisi pendukung Jokowi JK yang kini menjabat sebagai presiden dan wakil presiden. Sedangkan KMP (Golkar, PPP, Gerindra, PKS, PAN) adalah partai pengusung Prabowo-Hatta. Di awal masa jabatannya, santer dikabarkan KMP akan menjadi koalisi oposisi seperti PDIP selama 10 tahun terakhir.

Kini, menurut JK sudah tak ada lagi kubu-kubuan koalisi tersebut. Ia menjelaskan partai-partai di KMP mengambil posisi sebagai penyeimbang yang dibutuhkan pemerintah dalam menjalankan programnya.

Berpindahnya kepemimpinan PAN dari tangan Hatta Rajasa ke Zulkifli Hasan sempat dikabarkan akan membuat partai berlambang matahari itu menyeberang menjadi partai pro pemerintah. Saat ditanya soal kemungkinan PAN masuk dalam lingkup partai pendukung pemerintah, JK memilih jawaban diplomatis.

“Ya (PAN) mendukung pemerintah dan mengkritik hal-hal yang dianggap tidak benar. Itu aja. mendukung yang benar dan mengritik kalau ada yang tidak benar. Saya sudah bilang kan kalau Januari selesai (konflik PAN),” ujar JK.

 

 

Add a Comment