suarabanten.com - Portal Berita Merakyat|Friday, August 18, 2017
Suara Banten Home » Nasional » Google ikut rayakan Hardiknas

Google ikut rayakan Hardiknas 

indexSuarabanten.com – Hari Pendidikan Nasional Republik Indonesia diperingati setiap tanggal 02 Mei. Bukan hanya sekolah atau Dinas terkait untuk memperingati hari bersejarah di bidang pendidikan nasional, tak mau ketinggalan Google Indonesia pun juga ikut merayakan dengan memasang wajah Ki Hajar Dewantara di laman mesin pencarian Google Indonesia.

Tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dengan dengan gambar karikatur yang berdasarkan foto Ki Hajar Dewantara yang banyak beredar di buku sejarah atau pun poster pahlawan yang beredar di tanah air dipasang pada pencarian Google tersebut.

Memang, jasa Ki Hajar Dewantara sendiri terbilang besar untuk dunia pendidikan di awal 1990an. Salah satu karya nyatanya adalah membangun perguruan tinggi taman siswa pada 1922. Selain itu tokoh satu ini juga dikenal dengan ungkapan ‘ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani’ yang memiliki arti di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat, dan di belakang memberi dorongan.

Ki hajar Dewantara yang lahir pada 2 Mei 1889 di Yogyakarta ini meninggal pada 26 April 1959 saat usianya menginjak 69 tahun. Untuk menghargai jasa-jasanya di dunia pendidikan, maka di tanggal lahirnya diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional.

(Mdr/arj)

Add a Comment