suarabanten.com - Portal Berita Merakyat|Thursday, October 19, 2017
Suara Banten Home » Nasional » Forkip : Capres Harus Punya Visi Akuntabilitas Pemerintahan

Forkip : Capres Harus Punya Visi Akuntabilitas Pemerintahan 

Pilpres 2014

Pilpres 2014

Jakarta, Suaranten.Com – Capes dan Cawapres yang akan maju dalam momentum pilpres 2014 mendatang, diminta untuk melakukan transparansi dalam segala hal baik berkaitan dengan dana kampanye maupun visi dan komitmen. Ungkapan itu dikatakan oleh Ketua Forum Komunikasi Komisi Informasi Provinsi (Forkip) Se-Indonesia, Juniardi, persnya “Kultur birokrasi dan pemerintahan masih sangat tergantung atasannya. Sehingga sebagai pemimpin tertinggi, Presiden mendatang harus mampu menggaungkan transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan hingga ke pelosok,” kata Juniardiseperti dilansir detik.com. Kamis (15/5/2014).

Transparansi dan akuntabilitas merupakan amanat UU No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Sejak diberlakukan mulai 2010, daerah-daerah masih sangat kurang mengimplementasikan UU tersebut. Hal itu lebih banyak disebabkan karena kurangnya komitmen kepala daerah.

“Padahal transparansi dan akuntabilitas efektif dalam mencegah korupsi yang mengakar di daerah. Sudah banyak sekali kepala daerah yang terjerat korupsi, misalnya Banten, Bogor, dan lain-lain,” kata Juniardi mencontohkan.

Forkip juga berharap penyelenggaraan pilpres dapat berlangsung secara transparan dan akuntabel. “Baik KPU maupun KPUD sangat berperan dalam menghasilkan pemilu yang memiliki legitimasi kuat di masyarakat,” kata Ketua Komisi Informasi Lampung itu.(roni)

Add a Comment