suarabanten.com - Portal Berita Merakyat|Wednesday, June 28, 2017
Suara Banten Home » Nasional » Bawaslu Anggap Jokowi Curi Start Kampanye

Bawaslu Anggap Jokowi Curi Start Kampanye 

jokowi

jokowi

JAKARTA, suarabanten.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan bakal memanggil capres Jokowi pada Rabu 4 Juni 2014.

Pemanggilan itu, terkait dugaan pelanggaran yang dilakukan Jokowi yakni mencuri start kampanye usai pengambilan nomor urut di KPU, Minggu (1/6/2014).

“Ya (Jokowi) besok akan hadir di Bawaslu,” kata Ketua Bawaslu Muhammad, Jakarta, Selasa (3/6/2014).

Kendati demikian, saat ditanya apakah pihaknya sudah melihat adanya indikasi pelanggaran yang dilakukan Jokowi, Muhammad belum bisa memastikan.

Sebab, pihaknya belum menanyakan langsung kepada Jokowi. Dia memastikan bakal memutuskan hal tersebut setelah memanggil Jokowi.

“Setelah klarifikasi (diputuskan),” tegasnya.

Sebelumnya setelah mengambil nomor urut di KPU, Jokowi menyampaikan ajakan untuk memilih nomor 2, yakni nomor urut yang ditetapkan oleh KPU atas pasangan Jokowi-Jusuf Kalla.

“Pilihlah nomor 2,” ujar Jokowi saat menyampaikan sambutannya seusai pengundian nomor urut.

Sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sudah mengingatkan agar peserta Pilpres tidak melakukan kampanye pascapenetapan pasangan capres dan cawapres peserta pilpres, Sabtu 31 Mei sampai 3 Juni mendatang.

Definisi kampanye dalam Undang-undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, adalah kegiatan untuk meyakinkan para pemilih dengan menawarkan visi, misi, dan program pasangan calon.

Ajakan memilih calon merupakan salah satu unsur dalam kampanye selain pemaparan visi-misi dan program pasangan calon. (wan/inilah)

Add a Comment